Debat Terbuka Putaran 2 Pemilihan Pimpinan Kota Ternate, Ini Visi Misi Lengkap Para Paslon

Umaya Khusniah · Kamis, 19 November 2020 - 18:02:00 WIT
Debat Terbuka Putaran 2 Pemilihan Pimpinan Kota Ternate, Ini Visi Misi Lengkap Para Paslon
Debat publik Kedua Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate 2020. (Foto: iNews)

Untuk paslon nomor urut 3, Muhammad Hasan Bay dan Mohammad Asghar Saleh, visi misi yang mereka usung berdasarkan dari hasil kunjungan ke berbagai daerah di Ternate dan berdialog dengan masyarakat. Dalam pertemuan itu, keduanya akan fokus pada peningkatan kesejahteraan melalui pembukaan lapangan kerja, akses pendidikan dan pelayanan kesehatan, pembangun infrastruktur wilayah dan kawasan, serta menyelesaikan krisis air bersih di Ternate.

“Semua program ini merupakan bagian dari pemulihan ekonomi pascaCovid-19. Namun semua program ini tetap membutuhkan koordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi Maluku Utara,” kata Hasan Bay.

Untuk visi misi paslon terakhir nomor urut 4, Yamin Tawari dan Abdullah Taher, berangkat dari masalah kota di antaranya kesenjangan sosial, pembangunan antarwilyan, air bersih, sampah. Terkait masalah pemerintahan, menurut mereka banyak didominasi masalah tenaga honorer dan PTT.

Selain itu juga rendahnya pendapatan Kota Ternate dan banyaknya potongan. Sementara masalah terkait masyarakat di antaranya tingginya pengangguran, rendahnya daya beli masyarakat, sempitnya lapangan kerja.

“Tidak ada usaha yang bisa dikembangkan, yang dibantu pemerintah. Tidak tumbuhnya pengusaha yang bisa menyerap tenaga kerja,” katanya.

Dengan demikian, menurutnya, perlu ditegakkan adat sebagai pegangan masyarakat. Dalam mengatasi semua masalah tersebut, tentu harus dikoordinasikan dan harmonisasikan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Editor : Umaya Khusniah