BMKG Prediksi Hujan Lebat Melanda Maluku Utara, Warga di Bantaran Kali Waspada Banjir

Antara · Jumat, 17 Desember 2021 - 18:32:00 WIT
BMKG Prediksi Hujan Lebat Melanda Maluku Utara, Warga di Bantaran Kali Waspada Banjir
BMKG memprediksi hujan lebat masih akan mengguyur Maluku Utara. (Foto: Ilustrasi/ist)

TERNATE, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultan Baabullah Ternate memperkirakan hujan sedang hingga lebat masih akan mengguyur Maluku Utara (Malut). Masyarakat yang bermukim di bantaran kali diminta mewaspadai terjadinya banjir.

"BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca Malut per 17 Desember 2021 yang masih berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah tersebut," kata prakirawan BMKG Sultan Baabulah Ternate, Justia Prislly, Jumat (17/12/2021).

Wilayah di Malut yang berpotensi diguyur hujan adalah Kabupaten Halmahera Barat meliputi Jailolo, Sahu, Jailolo Selatan, Ibu Selatan, Sahu Timur. Kabupaten Halmahera Utara meliputi Malifut, dan Kao Teluk.

Kemudian di Kota Ternate meliputi Pulau Ternate, Kota Ternate Selatan, Kota Ternate Utara, Kota Ternate Tengah, Pulau Hiri, serta Kota Tidore Kepulauan Oba Utara dan sekitarnya.

Menurutnya, hasil prakiraan BMKG memprediksi situasi itu dapat meluas ke Kabupaten Halmahera Barat meliputi Loloda, Ibu, dan Tabaru. Kemudian di Kabupaten Halmahera Tengah meluas ke Weda Tengah. Kabupaten Halmahera Utara meliputi Kao, Loloda Utara, Galela Utara, Loloda Kepulauan, Kao Utara, dan Kao Barat.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: