Warga Muslim di Desa Wakal Maluku Tengah Sudah Rayakan Idul Adha

Antara ยท Senin, 19 Juli 2021 - 17:20:00 WIT
Warga Muslim di Desa Wakal Maluku Tengah Sudah Rayakan Idul Adha
Warga menunaikan Shalat Idul Adha di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Senin (19/7/2021). Foto: Antara/Tangkapan layar siaran rekaman video pelaksanaan Shalat Idul Adha di Negeri Wakal

AMBON, iNews.id - Warga Muslim di Negeri (Desa) Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, sudah menunaikan Shalat Idul Adha 1442 Hijriah pada Senin (19/7/2021). Warga tersebut merayakan Idul Adha lebih cepat dari ketentuan pemerintah karena memiliki perhitungan sendiri yang sudah menjadi tradisi.

"Mereka menganut Islam pada umumnya, tapi mereka ada penghitungan sendiri. Waktu Idul Fitri ada lima negeri (desa) yang duluan (Shalat Id) di Leihitu," kata Kapolsek Leihitu, Iptu Julkisno Kaisupy, Senin (19/7/2021).

Julkisno mengatakan, warga melaksanakan Sholat Idul Adha di masjid dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan pada pagi hari dan dilanjutkan dengan memotong hewan kurban pada sore harinya. Anggota TNI-Polri turut memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Desa Wakal.

Selain itu, masyarakat dan pemuka adat di Negeri Wakal menjaga ketertiban dan mengikuti panduan pemerintah dalam melaksanakan ibadah pada Hari Raya Idul Adha. Meskipun Kecamatan Leihitu zona hijau, warga pada malam hari melaksanakan takbiran di masjid tanpa pawai beramai-ramai. 

"Tadi malam takbiran cuma di masjid saja, tidak pakai pawai," kata Julkisno.

Editor : Erwin C Sihombing