Wali Kota Ambon Laksanakan Inmendagri, PPKM Diturunkan ke Level 3

Antara ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 20:23:00 WIT
Wali Kota Ambon Laksanakan Inmendagri, PPKM Diturunkan ke Level 3
Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, menindaklanjuti Inmendagri. PPKM mikro di kota Ambon diturunkan dari level empat ke level tiga. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, menindaklanjuti Instruksi Mendagri (Inmendagri) No.23/2021 dengan menurunkan PPKM mikro dari level empat ke level tiga. Kota Ambon sekarang ini juga turun status dari zona merah ke zona oranye.

Richard telah memperpanjang pelaksanaan PPKM dari semula hingga 22 Juli 2021 menjadi 25 Juli 2021. PPKM berdasarkan Inmendagri mengatur wilayah Ambon dengan kriteria PPKM level tiga.

"Kota Ambon sebelumnya masuk level empat, PPKM diperketat, sekarang menjadi level tiga. Tetapi karena pelaksanaan PPKM berdampak besar pada kondisi kota ini yang semakin baik dari sisi zonasi," kata Richard, Rabu (22/7/2021).

Wali Kota menyebutkan, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Ambon cukup tinggi. Angka konfirmasi positif dan kematian juga menujukan tren penurunan sehingga terjadi penurunan status dari zona merah ke zona oranye.

Namun demikian, skor Ambon masih rendah, yakni 1,9 poin. Maka kegiatan pengawasan seperti pada pelaksanaan PPKM level empat masih perlu ditingkatkan lagi untuk mempertahankan status kota zona oranye.

"Pengawasan satgas dan ketataan masyarakat dalam PPKM selama dua minggu terakhir berdampak positif pada kondisi kota saat ini” kata dia.

Editor : Erwin C Sihombing