Status Kota Ternate Masuk Zona Kuning Covid, Satgas Gelar Razia Protokol Kesehatan

Antara · Selasa, 24 November 2020 - 11:02:00 WIT
Status Kota Ternate Masuk Zona Kuning Covid, Satgas Gelar Razia Protokol Kesehatan
Petugas merazia warga Ternate yangnkedapatan tak memakai masker. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Razia protokol kesehatan kembali digelar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ternate, Maluku Utara (Malut). Ada puluhan warga kedapatan tidak menggunakan masker saat berada di jalan raya.

"Setiap Senin Satgas Covid-19 melakukan razia untuk memastikan protokol kesehatan tidak dilanggar. Kalau ada warga maupun pengendara tidak menggunakan masker maupun berada di kerumunan akan terkena razia dan diberikan sanksi," kata Ketua Bidang Pendisplinan dan Penegakkan Hukum Satgas Covid-19 Kota Ternate, Abdullah Sadik, Senin (23/11/2020).

Dia menyatakan, dalam operasi yustisi ini dilakukan melalui pendekatan edukatif, humanis dan tegas dalam penerapan disiplin protokol kesehatan. Diharapkan, dengan adanya operasi yustisi ini masyarakat bisa patuh dalam menerapkan protokol kesehatan.

Bila ketahuan melanggar, akan dikenai sanksi atau bekerja sosial sesuai Peraturan Wali Kota Ternate nomor 20 tahun 2020. Mereka yang terjaring razia karena tidak menggunakan masker, akan dikenai sanksi denda sebesar Rp50.000 hingga Rp250.000 per orang.

Puluhan warga yang terkena razia karena tidak menggunakan masker mendapatkan sanksi sosial lantaran tidak mampu membayar denda. Di antaranya membersihkan tempat sampah dan menyapu jalan raya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2