Satgas : Indonesia Tak Lagi Kondisi Kedaruratan Covid-19 

Dimas Choirul · Selasa, 10 Mei 2022 - 23:15:00 WIT
Satgas : Indonesia Tak Lagi Kondisi Kedaruratan Covid-19 
Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto Tangkapan Layar).

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dinilai tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan Covid-19. Saat ini, Indonesia mulai bertransisi memasuki fase endemi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers mengenai perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia Per 10 Mei 2022 yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

“Bisa dikatakan saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespon pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” ujar Wiku.

Dia mengungkapkan, adanya kondisi tersebut telah tercermin pada penurunan signifikan efek Covid-19. Dia menyebutkan, menurunnya jumlah kasus positif, kasus aktif, keterisian rumah sakit dan angka kematian. 

Termasuk, lanjut dia terhadap perilaku sosial ataupun ekonomi di tengah masyarakat saat ini. Dia menyampaikan, pertumbuhan ekonomi mulai kembali meningkat sehingga angka pengangguran menurun bila melihat indeks belanja yang meningkat dan tingginya mobilitas masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah.

Dia mengingatkan, agar tidak boleh lengah karena penularan Covid-19 masih terus terjadi bahkan pada skala internasional. Terbukti dengan kenaikan kasus yang masih terjadi di negara seperti Jepang dan Taiwan.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: