Murad Ismail Cerita Pandemi Flu Spanyol 100 Tahun Lalu: Orang Pakai Masker 4 Lapis

Antara ยท Sabtu, 12 September 2020 - 11:15 WIT
Murad Ismail Cerita Pandemi Flu Spanyol 100 Tahun Lalu: Orang Pakai Masker 4 Lapis
Gubernur Maluku, Murad Ismail. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Gubernur Maluku, Murad Ismail, meminta warga disiplin menerapkan protokol kesehatan. Penanganan Covid-19 di daerah ini harus belajar dari pandemi Flu Spanyol 100 tahun lalu.

Dia mengatakan, saat awal virus mewabah, penyakit tersebut bisa dikendalikan. Namun ketika pemerintah menerapkan new normal, barulah banyak korban terinfeksi hingga meninggal dunia.

"Belajar dari sejarah pandemi Flu Spanyol 100 tahun lalu. Warga harus patuh protokol kesehatan, bahkan harus dijadikan gaya hidup," kata Murad di Kota Ambon, Maluku, Jumat (11/9/2020).

Ketika momen tersebut, kata dia, banyak warga memakai masker berlapis empat. Mereka khawatir akan tertular virus mematikan ini. Kondisi 100 tahun lalu ini, kata dia, jangan sampai terjadi di Indonesia, khususnya wilayah Maluku.

Warga diimbau tidak main-main dengan wabah Covid-19. Meski sudah tidak ada lagi pembatasan sosial, namun harus tetap bisa menjaga kesehatan dan menaati prosedur pencegahan virus corona.

"Kalau ada keluarga kita yang meninggal dunia karena virus ini, kita harus sudah siap tidak ketemu lagi dengan jenazahnya, karena sudah menjadi protap penanganannya seperti itu," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal