Mengenang Salahuddin bin Talabuddin, Pejuang Kemerdekaan hingga Pahlawan Nasional

Antara ยท Kamis, 10 November 2022 - 17:43:00 WIT
Mengenang Salahuddin bin Talabuddin, Pejuang Kemerdekaan hingga Pahlawan Nasional
Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara bersama ahli waris Salahuddin bin Talabuddin melakukan tabur bunga di makam Salahuddin bin Talabuddin usai ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional saat peringatan Hari Pahlawan 10 November. (Foto : Abdul Fatah)

TERNATE, iNews.id - Peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2022 memiliki arti penting bagi masyarakat Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Sebab, pada peringatan kali ini diwarnai penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada H Salahuddin bin Talabuddin, tokoh pejuang kemerdekaan yang berasal dari daerah tersebut.

Presiden Joko Widodo dalam rangkaian peringatan ini menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh pejuang pergerakan kemerdekaan Indonesia, yakni H Salahuddin bin Talabuddin dari Maluku Utara, Dr dr H R Soeharto dari Jawa Tengah, KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan K H Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara mengatakan, dengan penganugerahan kepada H Salahuddin bin Talabuddin, maka kini sudah ada tiga Pahlawan Nasional di Provinsi Maluku Utara. Dua pahlawan nasional lainnya yakni Sultan Nuku yang berjuang mengusir Spanyol dan Sultan Baabullah yang berperang mengusir Portugis.

Sementara sejumlah tokoh pejuang di Maluku Utara masih diperjuangkan pemerintah setempat untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, di antaranya Sultan Khairun dan Sultan Iskandar Muhammad Djabir Sjah dari Kesultanan Ternate serta Sultan Abidin Sjah dari Kesultanan Tidore.

Bupati memaknai penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada H Salahuddin bin Talabuddin sebagai bukti masyarakat Halmahera Tengah pada masa lampau memiliki kontribusi dalam usaha mengusir kolonial Belanda dari bumi Indonesia.

Selain itu, juga menjadi bukti Halmahera Tengah dan daerah lainnya di Maluku Utara menjadi bagian dari perjuangan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

"Proses pengusulan H Salahuddin bin Talabuddin ke pemerintah pusat untuk menjadi pahlawan nasional hanya setahun langsung disetujui. Data sejarah yang disajikan terkait perjuangan H Salahuddin bin Talabuddin merupakan sesuatu yang nyata dan tanpa rekayasa," ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Penganugerahanan gelar Pahlawan Nasional kepada H Salahuddin bin Talabuddin diharapkan dapat menjadi teladan bagi generasi di Halmahera Tengah dan daerah lainnya di Maluku Utara dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah.

Pemkab Halmahera Tengah akan mengeluarkan Peraturan Bupati mengenai penetapan tanggal kelahiran H Salahuddin bin Talabuddin sebagai Hari Juang Merah Putih di Halmahera Tengah yang nantinya akan diperingati setiap tahun untuk menularkan semangat kepahlawanannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: