Lestarikan Cagar Budaya, Pemkot Ambon Siapkan Regulasi

Antara ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 23:06:00 WIT
 Lestarikan Cagar Budaya, Pemkot Ambon Siapkan Regulasi
Benteng Nieuw Victoria di Kota Ambon sebagai situs cagar budaya tingkat nasional. (Foto : Disparbud Ambon)

AMBON, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku menyiapkan regulasi pelestarian cagar budaya. Langkah ini sebagai upaya mempertegas identitas budaya daerah.

Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kota Ambon, Esaf Malioy mengatakan setelah perda pemajuan kebudayaan disahkan, saat ini dalam proses pemberian nomor di tingkat provinsi.

"Tahap selanjutnya kami akan menyiapkan regulasi tentang pelestarian cagar budaya pada tahun 2023," kata Esaf Malioy, di Ambon, Rabu (5/10/2022).

Esaf  menyatakan, pihaknya lebih spesifik ke cagar budaya, yakni upaya pelestarian cagar budaya. Ini lantaran Kota Ambon telah menetapkan cagar budaya, menyusun tim ahli cagar budaya yang mengacu pada UU nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemerintah juga telah berupaya melakukan pentahapan dalam rangka pelestarian Cagar Budaya. Yakni melewati tahap regristrasi yang mencakup pendaftaran, pengkajian,penetapan, pencatatan, dan pemeringkatan cagar budaya berdasarkan rekomendasi tim ahli cagar budaya.

Ia menjelaskan, cagar Budaya menjadi penting perannya untuk dipertahankan keberadaanya sesuai UU no 11 tahun 2010, yakni, sebagai sumber daya budaya memiliki sifat rapuh, unik, langka, terbatas, dan tidak terbarui.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: