Nelayan di Ambon Bangga Ikut Meriahkan HUT TNI

Antara · Rabu, 05 Oktober 2022 - 20:27:00 WIT
 Nelayan di Ambon Bangga Ikut Meriahkan HUT TNI
Kapal penangkap ikan mengikuti sailing pass di Teluk Dalam Ambon memeriahkan HUT ke -77 TNI, di Kota Ambon, Kamis (5/10/2022). (HO/Dispen Lantamal IX Ambon)

AMBON, iNews.id - Nelayan di Kota Ambon, Maluku ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI, Rabu (5/10/2022). Dengan mengerahkan puluhan kapal, para nelayan ini mengikuti "sailing pass" di Teluk Ambon.

Setiap kapal ikan dilengkapi mesin tempel bertonase 15-40 daya kuda (PK) beriring-iringan membentuk dua baris saat memulai pelayaran di Teluk Ambon Bagian Dalam.

Puluhan kapal penangkap ikan berukuran kecil berkapasitas satu hingga dua gross tonase (GT) ini ditempatkan di urutan terakhir arak-arakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Acara sailing pass ini di bawah Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon.

Iring-iringan kapal ini berkonvoi melewati tribun utama di Lapangan Upacara Lantamal IX Ambon, di Desa Halong yang dijadikan lokasi Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI tahun ini.

Salah satu nelayan asal Desa Ery, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Daniel mengaku bangga bisa ikut memeriahkan HUT TNI

"Kami, para nelayan sangat gembira bisa terlibat memeriahkan HUT TNI tahun ini, apalagi bisa terlibat langsung dalam parade bersama kapal perang milik TNI AL," katanya. 

Daniel bersama lebih dari 70 nelayan dari beberapa desa di Kecamatan Nusaniwe diundang untuk terlibat dalam parade armada laut, sekaligus menunjukkan bahwa laut sebagai sumber kehidupan mereka sehari-hari.

Sejumlah nelayan memanfaatkan kesempatan langka itu dengan melakukan aksi balapan berkecepatan tinggi dan membentuk formasi tertentu di Teluk Ambon.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: