Kurangi Blank Spot, 35 BTS Akan Dibangun di Pulau Taliabu

Antara ยท Jumat, 20 November 2020 - 11:20:00 WIT
Kurangi Blank Spot, 35 BTS Akan Dibangun di Pulau Taliabu
Petugas tengah memasang BTS pada menara. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 35 tower Base Transceiver Station (BTS) atau jaringan telekomunikasi baru akan dibangun daerah terpencil seperti Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut). Pembangunan BTS oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi akan dimulai pada 2021.

"Pembangunan 35 tower BTS tersebut sebagai bentuk bantuan kementerian dan pihak bakti dalam meningkatkan kecepatan jaringan telekomunikasi maupun internet di wilayah Taliabu," kata Kepala Dinas Kominfo, Gafarudin, Kamis (19/11/2020).

Dia mengatakan, pembangunan ini melebihi target yang diajukan oleh pihak dinas kepada kementerian pada tahun 2020. Kabupaten Pulau Taliabu merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Malut yang mendapat bantuan tersebut.

"Sesuai dengan hasil pertemuan di Makassar, Taliabu diberikan bantuan 35 unit BTS," katanya.

Menurut dia, untuk percepatan penyediaan BTS dan akses internet pada 35 lokasi di Pulau Taliabu, akan dilakukan survei oleh salah satu penyedia jasa yang ditunjuk oleh Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo. Dalam waktu dekat, mereka akan melakukan survei di beberapa desa yang telah diajukan pemda.


Editor : Umaya Khusniah