Kecelakaan di Maluku Meningkat akibat Pawai Piala Dunia, Ini Kata Kapolda

Antara ยท Senin, 28 November 2022 - 14:09:00 WIT
Kecelakaan di Maluku Meningkat akibat Pawai Piala Dunia, Ini Kata Kapolda
Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. (ANTARA/Polda Maluku)

AMBON, iNews.id - Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menyesalkan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Maluku. Hal ini terjadi akibat pawai warga yang larut dalam euforia Piala Dunia 2022.

“Laka lantas yang terjadi selain menyebabkan korban jiwa, juga mengakibatkan jatuhnya kerugian materi dengan nilai taksiran hingga ratusan juta rupiah,” ujar Kapolda, Minggu (27/11/2022). 

Berdasarkan data Polda Maluku, telah terjadi peningkatan kasus Laka lantas akibat euforia Piala Dunia Qatar sejak 20-26 November 2022. Hasil pantauan dan evaluasi, tercatat tujuh kasus lakalantas di wilayah hukum Polda Maluku sejak turnamen piala dunia bergulir.

Ketujuh kecelakaan ini tersebar di wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Polres Maluku Tengah (Malteng), Kota Tual, Pulau Buru, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD).

Di wilayah hukum Polresta Ambon, kecelajaan menyebabkan satu orang meninggal dunia. Kemudian di Polres Malteng dua orang luka ringan, Tual satu orang luka ringan, Buru satu orang luka ringan, Aru, Tanimbar dan MBD masing-masing satu orang luka berat.

Atas insiden itu, Kapolda menekankan kepada semua masyarakat, khususnya para fans sepak bola agar bijak saat mendukung tim nasional peserta piala dunia. Dia juga meminta masyarakat menghindari arak-arakan atau pawai di jalan raya saat tim yang didukung keluar sebagai pemenang.

"Hindari arak-arakan dan kurangi pawai-pawai dengan jumlah massa yang berlebihan, karena hal tersebut sangat membuka potensi terjadinya gesekan antar masyarakat dan terjadi laka lantas," katanya. 

Dia mengungkapkan, berdasarkan pantauan petugas di lapangan, banyak anak-anak remaja dan pemuda yang mengabaikan keselamatan. Bahkan mereka mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan di jalan raya saat melakukan arak-arakan kemenangan.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: