Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Ambon Diterjang Longsor

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 12:16 WIT
Hujan Deras,  Sejumlah Wilayah di Ambon Diterjang Longsor
Bencana tanah longsor terjadi di sejumlah titik di wilayah Kota Ambon, akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir ini. (Foto: Antara/HO)

AMBON, iNews.id - Hujan deras yang melanda wilayah Kota Ambon, Provinsi Maluku dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah longsor. Bencana ini terjadi di sedikitnya 10 titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paays mengatakan, dari pendataan petugas di lapangan, wilayah yang dilanda longsor di antaranya BTN Hative Kecil dan Batu Merah Ahuru. Kemudian, Kelurahan Waihoka, Soya, Belakang Soya, Batu Meja, Skip, dan Mangga dua.

"Longsor terjadi di sejumlah titik akibat hujan deras yang melanda Kota Ambon, Maluku, sejak Senin (29/6/2020) kemarin," kata Demy Paays, di Ambon, Selasa (30/6/2020).

Demy mengatakan, titik longsor terparah di kawasan Skip atas, juga Belakang Soya. Dua titik ini harus diantisipasi agar rumah warga tidak ambles.

Saat ini, petugas BPBD juga terus melakukan pendataan dan memberikan bantuan tanggap darurat bagi warga yang terdampak longsor. Untuk tahap awal, petugas telah menyalurkan terpal, sekop dan gerobak, agar masyarakat dapat meminimalisasi longsor.

"Bantuan tanggap darurat lainnya akan segera disalurkan petugas bagi warga yang terdampak bencana," katanya.

Demy mengakui, curah hujan di Kota Ambon pada Juni hingga Juli cukup tinggi. Hujan dengan intensitas tinggi berdampak pada tanah longsor dan banjir. Menyikapi cuaca ekstrem di wilayah pulau Ambon serta dampak yang akan ditimbulkan, warga diminta untuk waspada dan siaga menghadapi bencana.

"Warga yang bermukim di lereng bukit serta bantaran sungai yang rawan banjir, diminta untuk siaga mengantisipasi tingginya curah hujan hingga beberapa waktu mendatang. Hindari titik lokasi rawan bencana ke tempat yang aman," katanya.


Editor : Maria Christina