Hilangkan Jenuh, Pasien Covid-19 di Ternate Goyang Sehat Tiap Pagi

Ismail Sangaji ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 13:43 WIB
Hilangkan Jenuh, Pasien Covid-19 di Ternate Goyang Sehat Tiap Pagi
Petugas medis dan pasien yang dikarantina akibat Covid-19 di Malut bergoyang bersama. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id - Para pasien Covid-19 yang dikarantina di Hotel Sahid Bella Ternate, Maluku Utara (Malut) mengikuti kegiatan goyang sehat tiap pagi. Selain untuk meningkatkan imun tubuh, kegiatan ini juga untuk menghilangkan rasa jenuh pasien.

Acara ini tak hanya diikuti puluhan pasien Covid-19 tapi juga para petugas medis. Pasien terdiri atas mereka yang bertatus positif, pasien dalam pengawasan (PDP), orang tanpa gejala (OTG) bahkan orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19.

Dalam kegiatan ini juga terlihat Wali Kota Tidore Kelupauan, Capten Ali Ibrahim. Dia terlihat ikut bergoyang penuh semangat dan kegembiraan dari atas balkon.

Acara ini diselenggarakan dengan memanfaatkan balkon hingga halaman hotel. Dalam pelaksanaan acara, peserta juga menjaga jarak satu sama lain. Sejumlah petugas berpakaian APD lengkap juga ikut mengawasi sambil sesekali ikut bergoyang bersama para pasien.

Koordinator Bidang Keperawatan Karantina Covid-19 Hotel Sahid Ternate, Ferry Adref menyatakan, kegiatan ini merupakan strategi untuk menghilangkan kejenuhan para pasien. Selain itu juga merupakan cara meningkatkan imun tubuh pasien agar bisa sembuh dari Covid-19.

"Selain itu berjemur juga bermanfaat agar pasien mendapatkan vitamin D untuk meningkatkan daya imun tubuh," katanya, Senin (8/6/2020).

Dia memastikan kegiatan ini dilakukan setiap hari. Namun dari 80 pasien yang ada, tidak semua ikut kegiatan. Mereka dibagi per kelompok pada waktu yang berbeda.

"Dipastikan pasien tidak saling bersentuhan," katanya.


Editor : Umaya Khusniah