Duh, Dokter di RSU Chasan Boesoerie Ternate Positif Covid-19

Antara ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 08:29 WIB
Duh, Dokter di RSU Chasan Boesoerie Ternate Positif Covid-19
ilustrasi

TERNATE, iNews.id - Seorang dokter perempuan berinsial C yang bertugas di RSUD Chasan Boesoerie (CB) Ternate, Maluku Utara (Malut) terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien tersebut kini dirawat di ruang isolasi RSUD CB.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf mengatakan, dokter asal Kota Ambon ini sebelumnya dilaporkan melakukan pemeriksaan terhadap seorang pasien yang dinyatakan nonreaktif. Namun setelah pasien tersebut meninggal dunia, ternyata hasil swab testnya positif.

“Kondisi dokter C baik di ruang isolasi baik,” katanya, Kamis (5/6/2020)

Selain dokter tersebut, mereka yang kontak erat dengan pasien itu juga menjalani pemeriksaan. Hasil rapid test dokter C menunjukkan reaktif sehingga menjalani swab test. Setelah hasilnya keluar dan dinyatakan positif, dia langsung diisolasi.

Menanggapi adanya usulan dari berbagai elemen agar RSU CB dijadikan rumah sakit khusus pasien terkonfirmasi positif Covid-19, tidak diakomodasi. Hal ini lantaran untuk menjadikan RSU CB didukung dengan sarana fasilitas kesehatan yang memadai.

Alwia mengatakan, RSU CB saat ini sebagai rumah sakit rujukan dan ada tambahan enam RSU pendukung kabupaten/kota, tidak serta-merta hanya menerima pasien positif Covid-19, karena memiliki fasilitas yang memadai. Olehnya itu, RSU CB tetap menerima seluruh pasien yang akan berobat.

"Kami tidak boleh menghilangkan hak asasi warga negara untuk berobat di RSU CB, karena kalau pemberlakuan itu digunakan, maka hak pasien akan hilang," kata Alwia.

Hingga Kamis (5/6/2020), pasien kasus positif Covid-19 di Malut tercatat sebanyak 177 orang.


Editor : Umaya Khusniah