Hadapi Masalah Sampah, Ternate Siapkan Armada Kapal Pembersih

Ismail Sangaji ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 16:30:00 WIT
Hadapi Masalah Sampah, Ternate Siapkan Armada Kapal Pembersih
Samin Marsaoly, Plt Kepala Dinas DKP Ternate (foto: Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id - Sampah menjadi masalah yang selalu dihadapi oleh sejumlah kota di Indonesia. Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara juga mengalami masalah yang sama.

Pada tahun 2022 ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ternate akan menyiapkan armada laut pembersih sampah yang mencemari laut Ternate.

"Tahun ini pemerintah kota akan mengadakan armada pengangkut sampah. Kurang lebih tiga unit. Tujuan dari pengadaan armada ini supaya, karena kita tahu sendiri hampir rata-rata masyaralat kita ini kan masih membuang sampah di bantaran kali, sehingga otomatis hilirnya ke laut," kata Samin Marsaoly, Plt Kepala Dinas DKP Ternate, Kamis (13/01/2022). 

Untuk mengoperasikan armada, DKP akan melakukan perekrutan awak tenaga. Satu armada nantinya akan diawaki oleh enam orang. 

"Jadi skemanya saya itu, ada tiga buah armada. Satu itu bisa 6 orang, (total) 18 orang. Jadi nanti tiga ini membelah tiga wilayah kecamatan, dari Ternate Selatan, Ternate Tengah dan Ternate Utara. Jadi staynya di hilir tempat keluarnya sampah, nah mereka yang natinya akan membersihkan," ucapnya. 

Samin menjelaskan, upaya ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk mewujudkan Ternate yang bersih dari sampah.

"Yang pastinya, ini bentuk komitmen pemerintah kota terhadap pengelolaan sampah secara terpadu. Karena sampah itu tidak bisa dikelolah secara terpisah," pungkasnya.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: