Bandara Sultan Babullah Ternate akan Terapkan Sistem Parkir Pintar, Ini Tarifnya

Ismail Sangaji ยท Selasa, 11 Januari 2022 - 17:22:00 WIT
Bandara Sultan Babullah Ternate akan Terapkan Sistem Parkir Pintar, Ini Tarifnya
MoU parkir pintar di Bandara Sultan Babullah Ternate (foto: istimewa)

TERNATE, iNews.id - Pemerintah Kota Ternate akan menerapkan sistem parkir pintar atau E-parking di kawasan Bandara Sultan Babullah, Ternate.

Hal itu ditandai dengan MoU kerja sama Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman dengan dua calon pengelola, yakni PT Sky Pura dan CV Stwor di kantor Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa (11/01/2022). 

"MoU ini dalam rangka pengelolaan operasional di Bandara Sultan Babullah Ternate. Antara lain, pengelolaan parkir kendaraan berbasis digital (E-money), kemudian pengelolaan operasional grounhandling, dimana parkiran di bandara saat ini masih konvensional cash to cash, jadi ke depan itu sudah menggunakan kartu (E-money)," kata Tauhid.

Saat ini pihak pengelola masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak yang akan bersama-sama terlibat dalam pengelolaan parkir bandara yang menerapkan sistem baru ini. 

"Dalam rangka pengembangan siatem, nantinya kan kami sebagai pengelola di bandara membutuhkan investasi,” ujar Tauhid.

Meski kawasan parkir bandara akan menerapkan sistem baru, masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, pihak pengelola menyatakan tidak akan ada kenaikan harga parkir. 

Untuk harga parkir tidak mengalami perubahan. Kendaraan roda empat tetap Rp6.000 dan kendaraan roda dua Rp3.000.

“Namun, tetap ada tarif progresif. Yang berubah hanya sistem transaksinya. Kita bekerja sama dengan Bank BPRS yang akan menerbitkan virtual account, dan untuk memperoleh kartu bisa didapatkan di bandara atau nanti kami juga akan menyediakan loket dan merilis beberapa mesin edisi, sehingga mempermudah konsumen membeli kartu dan melakukan deposit," jelasnya.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: