Turunkan Angka Kekurangan Gizi Kronis, Ini Upaya Intensif Kota Ternate

Antara ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 13:02:00 WIT
Turunkan Angka Kekurangan Gizi Kronis, Ini Upaya Intensif Kota Ternate
Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting telah ditetapkan dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

TERNATE, iNews.id - Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, terus mengintensifkan upaya penurunan angka kasus stunting. Stunting adalah kekurangan gizi kronis yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ternate, Fatyiah Suma, menyebut pihaknya menargetkan upaya penurunan angka kasus stunting dari 24 persen menjadi 14 persen selama periode 2022 sampai 2024. Penurunan kasus stunting diintensifkan di 16 kelurahan yang tersebar di Kecamatan Pulau Ternate, Ternate Tengah, Ternate Utara, Pulau Hiri, dan Batang Dua.

“Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ternate sudah menyiapkan 335 kader pendamping keluarga untuk memperkuat upaya pencegahan dan penanganan stunting di tingkat kelurahan,” katanya Kamis (13/1/2022).

Pemerintah, katanya, juga menjalankan Program Bangga Kencana untuk mendukung upaya penurunan angka kasus stunting.

Program Bangga Kencana adalah program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana. Program ini ditujukan untuk mengarahkan warga membentuk keluarga berkualitas antara lain dengan membuat rencana berkeluarga, memiliki anak, dan mengatur jarak kelahiran.

Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman, juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi lintas sektor dalam upaya untuk menurunkan angka kasus stunting.

"Penanganan stunting tidak boleh hanya melalui satu institusi, tetapi banyak pihak harus terlibat, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, dan aparatur pemerintah," kata Tauhid.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: