Fasilitas Ortopedi RSU Chasan Boesoerie Ternate Minim, Perlu Perhatian Pemerintah Setempat

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 08:39 WIB
Fasilitas Ortopedi RSU Chasan Boesoerie Ternate Minim, Perlu Perhatian Pemerintah Setempat
Suasana operasi tulang di RSU CB Ternate. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Fasilitas ortopedi di RSU Chasan Boesoerie (CB) di Ternate, Maluku Utara (Malut) masih minim. Masalah ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.

"Sudah beberapa kali mengajukan proposal untuk menyediakan peralatan bagi ortopedi, namun sampai saat ini belum juga mendapat perhatian dari pemerintah," kata salah seorang dokter spesialis ortopedi, dr Umar Alhadar, Senin (22/6/2020).

Meski minim fasilitas, RSU CB tetap melakukan operasi pinggul pertama terhadap dua pasien. Operasi tersebut merupakan yang pertama dilakukan di RS ini.

Dalam operasi, RSU BC dibantu pinjaman alat dari salah satu perusahan di Jakarta yakni PT Sinthes melalui dr Kamal Alkaff. Alhasil, operasi dua pasien berjalan lancar.

Dr Umar mengatakan, ada kendala pada ruang operasi. Di antaranya, meski ada empat ruangan, kepala kamar operasi hanya mengizinkan satu yang dipakai.

Akibatnya, operasi harus menunggu dokter ahli bedah menyelesaikan satu pasien. Setelah selesai, baru dilanjutkan ke pasien yang selanjutnya.
Operasi pasien pertama dilaksanakan mulai pada pukul 11.30 dan selesai pukul 14.30 WIT.

Seharusnya, pemerintah daerah bangga serta memberi perhatian yang cukup besar atas kehadiran seorang dokter ortopedi di RSU CB Ternate. "Karena sebagai putra daerah yang memiliki keahlian di bidang ortopedi, merasa terpanggil untuk mengabdikan diri di daerahnya sendiri," katanya.

Sebagai informasi, selama ini bagi pasien yang cedera karena kecelakaan atau jatuh mengakibatan patah tulang, terpaksa harus rujuk ke luar daerah. Akibatnya keluarga pasien harus meluangkan waktu lebih banyak dan biaya yang lebih besar.

Dr Umar Alhadar mengatakan, kehadirannya sebagai dr ortopedi RSU CB sudah dapat mengatasi keluhan masyarakat yang berhubungan dengan masalah tulang.

"Tulang dan sendi sebagai penopang berat, karena tubuh sangat berperan penting dalam mobilitas kita sehari hari. Apalagi bertambah usia, kesehatan tulang sangat membutuhkan perhatian yang lebih," katanya.


Editor : Umaya Khusniah