7 Daerah Penghasil Nikel di Indonesia, Seluruhnya Berada di Wilayah Timur NKRI

Zahrotul Mawaddah · Senin, 23 Januari 2023 - 14:52:00 WIT
7 Daerah Penghasil Nikel di Indonesia, Seluruhnya Berada di Wilayah Timur NKRI
7 daerah penghasil tambang di Indonesia yang didominasi berada di wilayah Timur Indonesia. (Foto : Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Daerah penghasil nikel di Indonesia yang tersebar di berbagai provinsi. Hampir seluruhnya berada di wilayah Timur NKRI.

Dilansir dari idxchannel, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, Indonesia memiliki tambang nikel seluas 520.877,07 hektare (ha). Jadi, jangan heran bila Indonesia menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia dengan cadangan nikel mencapai miliaran ton. 

Tambang tersebut tersebar di tujuh provinsi, antara lain Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Dari data Badan Geologi Kementerian ESDM, neraca sumber daya bijih nikel Indonesia di tahun 2020 mencapai 11,88 miliar ton dan total sumber daya nikelnya mencapai 174 juta ton.

Diketahui, nikel merupakan hasil bumi berbentuk logam putih keperak-perakan namun sedikit semburat keemasan. Nikel menjadi salah satu hasil bumi yang diincar banyak perusahaan besar hingga dilakukan petambangan.

Nikel memiliki banyak manfaat saat sudah menjadi barang, misalnya uang logam, telepon genggam, baterai isi ulang dan lainnya. Inilah beberapa daerah penghasil nikel di Indonesia.

Ini 7 Daerah Penghasil Nikel di Indonesia :

1. Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara menjadi salah satu daerah penghasil nikel di Indonesia. Salah satu wilayah Sultra yang menjadi penghasil nikel terletak di Kabupaten Kolaka dengan luas wilayah 3.283,64 km.

Dilansir dari Climming.com, Kolaka memiliki kandungan nikel terbesar kedua di Tanah Air. Wilayah penghasil nikel di Kolaka tersebar hampir di seluruh kecamatan, di antaranya Kecamatan Wundukalo, Wolo, Baula, Tanggertada, Pomalaa, Watubangga dan Latambaga.

Sementara total luas wilayah penghasil nikel di Sulawesi Tenggara adalah mencapai 198.624,66 ha.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: