4 Paslon Kepala Daerah di Ternate Deklarasi Pilkada Damai Tanpa Politik Uang

Antara ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:35 WIT
4 Paslon Kepala Daerah di Ternate Deklarasi Pilkada Damai Tanpa Politik Uang
Sejumlah paslon wali kota-wakil wali kota Ternate saat deklarasi pilkada damai tanpa politik uang. (Foto: ANTARA/Abdul Fatah)

TERNATE, iNews.id - Empat pasangan calon (paslon) kepala daerah di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara sepakat menandatangani naskah deklarasi pilkada damai tanpa politik uang. Selain itu mereka juga tandatangani pakta integritas tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan covid di Pilkada 2020.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ternate Kifli Sahlan mengatakan, akan mengawasi masing-masing paslon. Jika ada pelanggaran pilkada, akan ditindak sesuai peraturan berlaku. Mulai dari pembubaran massa hingga sanksi administrasi yang direkomendasikan ke KPU.

"Kami akan awasi politik uang dan penerapan protokol kesehatan selama masa kampanye. Ini sesuai Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020," ujar Kifli di Ternate, Senin (12/10/2020).

Sementara Ketua Bawaslu Maluku Utara Muksin Amrin menegaskan, mereka tidak akan memberikan toleransi kepada pelaku politik uang dalam Pilkada 2020. UU secara tegas telah mengatur mengenai praktik tersebut.

"Itu bukan hanya yang memberikan imbalan, tapi siapapun yang menerima juga akan ada sanksi hukumnya," kata Muksin.

Dia mengajak masyarakat agar berani menolak apabila terdapat oknum yang membagi-bagikan uang. Khusus untuk calon, jika terbukti melakukan politik uang atau jenis pelanggaran lainya maka bisa didiskualifasi.


Editor : Donald Karouw