Demo Tolak UU Cipta Kerja di Ternate Rusuh, Fasilitas Umum Rusak dan Mahasiswa Diamankan

Ismail Sangaji ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 10:31:00 WIT
Demo Tolak UU Cipta Kerja di Ternate Rusuh, Fasilitas Umum Rusak dan Mahasiswa Diamankan
Aksi demo mahasiswa di Ternate terkait penolakan UU Cipta Kerja berlangsung ricuh. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id - Aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) berlangsung bentrok. Aparat dan mahasiswa saling lempar batu. Akibatnya, sejumlah fasilitas kota rusak parah dan sejumlah mahasiswa diamankan.

Aksi anarkistis tersebut bermula saat ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Ternate, berkumpul dan berorasi di depan Kantor Wali Kota. Mereka menyampaikan tuntutan yang berisi penolakan pengesahan UU Omnimbus Law Cipta Kerja.

Awalnya, aksi berjalan tertib. Namun situasi kondusif itu berubah menjadi anarkistis saat sejumlah batu melayang dari kerumunan massa dan mengenai aparat Kepolisian dan Satpol PP yang berjaga.

Aparat kemudian menembakkan gas air mata ke arah masa. Massa aksi tetap beringas hingga terjadi kejar-kejaran. Sementara massa yang lain tetap membalas dengan melempar batu.

Selain meluapkan kemarahan kepada petugas, masaa juga merusak sejumlah fasilitas seperti lampu, taman, kursi dan dua pos polisi.

"Jadi saya menyaksikan sendiri anggota saya diprovokasi, ditendang dan ditusuk menggunakan rambu lalu lintas yang dirusak. Tiba-tiba dari belakang massa, melempari kami dengan batu," kata Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada, Kamis (9/10/2020).

Aksi demo yang tersebar di tiga titik di Ternate tersebut berjalan anarkistis. Massa juga membakar ban bekas.

"Di DPRD Kota dan di depan FKPI Unkhair tadi berlangsung cukup tertip, meskipun menutup jalan. Nah, di sini tadi yang sempat terjadi bentrok antara aparat dan massa. Karena dilempari batu, saya perintahkan untuk mengendalikan dan dilaksanakan penertiban denga tegas dan terukur," kata Aditya.

Atas aksi anarkistis tersebut, puluhan peserta demo dari mahasiswa diamankan aparat. Saat ini, mereka diamankan dan ditahan di Polres Ternate.

"Seiring dengan itu memang ada beberapa yang ditangkap oleh petugas atau penyidik yang ikut mengamankan jalannya aksi. Jadi yang diamankan ini tentunya akan diperiksa, apabila memenuhi pidananya, tentu akan diproses," katanya.


Editor : Umaya Khusniah