28 Mahasiswa yang Ditahan Polres Ternate Dipulangkan, Salah Satunya Perempuan

Antara ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:22:00 WIT
28 Mahasiswa yang Ditahan Polres Ternate Dipulangkan, Salah Satunya Perempuan
Polisi saat mengobati mahasiswa yang terluka saat demo berujung ricuh di Ternate, Maluku Utara. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Polres Ternate memulangkan 28 mahasiswa yang diduga terlibat aksi perusakan fasilitas umum dalam demo penolakan pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja. Mereka sebelumnya sempat ditahan usai menggelar aksi demo yang berakhir ricuh di depan Kantor Wali Kota Ternate.

"Ke-28 mahasiswa ini dipulangkan sementara dulu ke rumah masing-masing karena sudah ditahan 1×24 jam. Namun, proses pemeriksaan terkait dengan dugaan kerusakan fasilitas umum terus dilakukan penyidikan," ujar Kasat Reskrim Polres Ternate AKP Riki Arinanda di Ternate, Sabtu (10/10/2020).

Menurutnya, Polres Ternate telah menerima berbagai laporan, baik perusakan kendaraan roda dua, kantor dan berbagai fasilitas umum lainnya. Puluhan mahasiswa ini diduga terlibat dalam perusakan secara bersama-sama.

Mengejutkannya, dari ke-28 mahasiswa, satu di antaranya berinisial A yang merupakan seorang perempuan. 

"Satu dari 28 mahasiswa tidak mengarah ke proses penyelidikan. Namun, 27 lainnya tetap penyelidikan kasus perusakan fasilitas umum," katanya.

Riki memastikan, sampai saat ini belum ada penetapan tersangka. Penyidik masih mendata kerusakan dan aduan.

"Kami memang sudah menemukan beberapa data, hanya saja penyidik masih mengumpulkan data untuk bisa mengungkap identitas para mahasiswa yang melakukan perusakan dan tindak pidana untuk menjerat mereka," ujarnya.


Editor : Donald Karouw