Pemkot Ternate Diminta Tingkatkan Kualitas Tukang Bangunan dengan Sertifikasi

Antara ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 15:08:00 WIT
Pemkot Ternate Diminta Tingkatkan Kualitas Tukang Bangunan dengan Sertifikasi
Ilustrasi tukang bangunan. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) diminta memperhatikan nasib tukang bangunan. Kompetensi para buruh ini ditingkatkan menjadi tenaga kerja terampil melalui sertifikasi.

"Sertifikasi tukang bangunan akan masuk dalam program prioritas di bidang infrastruktur," kata praktisi jasa konstruksi, Muhammad Hasan Bay di Ternate, Kamis (8/10/2020).

Dia menjelaskan, persaingan di dunia jasa konstruksi begitu ketat. Sehingga para tukang bangunan dituntut memiliki sertifikasi keahlian. Jika tidak, maka akan tersingkir oleh tukang bangunan yang sudah tersertifikasi.

"Saya tahu masih banyak tukang kita yang belum tersertifikasi," ujarnya.

Dia mengatakan, sertifikasi tenaga kerja konstruksi ini merupakan program nasional yang diluncurkan sejak Oktober tahun 2017. Sekain itu, sertifikasi tukang bagung juga merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Pemerintah harus bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kementerian PUPR, asosiasi jasa konstruksi dan lain-lain untuk implementasi program itu. Peran tukang bangunan ini, kata Hasan Bay, sangat penting dalam pembangunan. Para tukang di lapangan sangat menentukan kualitas sebuah bangunan.

"Jadi sertifikasi itu sebagai standarisasi kompetensi tenaga kerja yang terdiri dari tukang ahli, madya maupun terampil. Kalau tukang bangunan sudah tersertifikasi, maka masa depan mereka dapat terjamin, karena secara langsung diserap oleh pasar kerja," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah