10 Makanan Khas NTT yang Wajib Dicoba, Nomor 6 Rasanya Pecah di Lidah

Azizah Refifa Aqsha · Selasa, 22 November 2022 - 17:51:00 WIT
10 Makanan Khas NTT yang Wajib Dicoba, Nomor 6 Rasanya Pecah di Lidah
Daging se'i, makanan khas NTT. (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas NTT terkenal dengan kelezatannya yang menggugah selera. Jika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas di sana.

Makanan khas NTT menjadi salah satu makanan khas yang sulit ditemukan di tempat lain. Oleh karena itu, pengunjung harus memanfaatkan kesempatan untuk mencicipi makanannya ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Lalu, apa saja makanan khas dari NTT? Yuk! Simak uraian berikut ini.

10 Makanan Khas NTT :

1. Kolo

Makanan Khas NTT ini merupakan hidangan nasi bakar yang terkenal di NTT. Kolo biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimasak didalam bambu yang kemudian dibakar di atas bara api.

Proses membakar bambu ini biasanya memakan waktu setengah jam hingga matang. Kolo biasanya disajikan dengan sayur dan lauk sebagai pelengkapnya.

Makanan ini biasa dikonsumsi pada acara-acara adat di Nusa Tenggara Timur.

Kolo, makanan khas NTT. (Foto : Ist)
Kolo, makanan khas NTT. (Foto : Ist)

2. Jagung Bose

Seperti namanya, makanan khas NTT yang satu ini terbuat dari bahan dasar  jagung. Jagung bose biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi oleh masyarakat NTT.

Bahan-bahan membuat jagung bose yaitu jagung, kacang-kacangan dan juga santan.

Jagung bose biasanya disantap dengan lauk ayam atau sapi. Lauk ini dapat dijadikan sebagai toping atau dimasak bersamaan dengan jagung bose.

3. Rebok

Makanan khas NTT berikutnya yakni rebok. Rebok terbuat dari bahan utama tepung beras dan parutan daging kelapa.

Makanan khas satu ini biasa dikonsumsi saat acara adat atau sebagai suguhan untuk tamu. Selain itu, rebok juga dapat dijadikan oleh-oleh khas NTT untuk wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: