Warga Seram Diminta Waspada Gempa Susulan dan Tsunami, Gubernur Maluku: Jauhi Daerah Pantai

Antara ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 00:10:00 WIT
Warga Seram Diminta Waspada Gempa Susulan dan Tsunami, Gubernur Maluku: Jauhi Daerah Pantai
Warga mengungsi pascagempa magnitudo 6,1 di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Rabu (16/6/2021). Foto: Antara/ BNPB

AMBON, iNews.id- Gubernur Maluku Murad Ismail mengimbau warga yang bermukim di wilayah selatan Pulau Seram untuk menjauhi daerah pantai dan tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan dan potensi tsunami.

Imbauan yang disampaikan Gubernur Murad berkaitan dengan peringatan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), agar masyarakat setempat tetap waspada terhadap gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut usai diguncang gempa  bermagnitudo 6,1 pada Rabu (16/6/2021) pukul 13.43 WIT.

"Saya mengimbau warga di selatan Pulau Seram khususnya yang tinggal di pesisir pantai Tehoru - Teluk Telutih hingga Siwalalat untuk tetap waspada usai diguncang gempa magnitudo 6,1," katanya.

Dengan imbauan dikeluarkan BMKG tersebut, dia meminta masyarakat di pesisir selatan khususnya yang berada di daerah Yaputih, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, hingga Atiahu, Kecamatan Siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) selalu selalu waspada dengan potensi bencana alam yang tidak dapat diprediksi kejadiannya.

"Saya minta agar masyarakat tetap waspada dan ikhtiar karena gempa bumi tidak bisa diprediksi waktunya, sehinga semua dapat terhindar dari musibah, terutama kemungkinan jatuhnya korban jiwa," katanya.

Masyarakat diimbau untuk sementara waktu menghindari daerah pesisir pantai dan berada di daerah ketinggian, sehingga lebih aman jiwa terjadi gempa susulan.

Sampai saat ini BMKG masih terus memantau perkembangan dan potensi terjadi gempa susulan di wilayah tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: