Tradisi 7 Syawal Warga Muslim Negeri Hitu Lama, Berjalan Kaki ke Makam Keramat

Antara ยท Senin, 09 Mei 2022 - 23:42:00 WIT
Tradisi 7 Syawal Warga Muslim Negeri Hitu Lama, Berjalan Kaki ke Makam Keramat
Warga Negeri Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku melaksanakan tradisi 7 Syawal 1443 Hijriah. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id  - Warga Negeri Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku melaksanakan tradisi 7 Syawal 1443 Hijriah, Senin (9/5/2022). Tradisi dilaksanakan dengan berjalan kaki menuju makam keramat

Makam yang didatangi mulai dari raja pertama di Negeri Hitu Lama hingga tokoh adat, agama serta makam sanak keluarga. Mereka berkumpul sejak pagi di halaman rumah raja Hitu Lama. 

“Lalu raja berdoa untuk keluar rumah, baru ramai-ramai kami jalan kali ke makam keramat. Setelah dari makam keramat baru masyarakat menyebar ke makam sanak keluarganya masing-masing,” ujar Sekretaris Desa Hitu Lama, Ikbal.H. Pelu.

Dia menjelaskan, prosesi itu harus dilakukan tepat pada 7 Syawal atau tepat pada Lebaran hari ketujuh dan tidak bisa ditunda meski ditimpa keadaan apa pun. Waktu pelaksanaan, kata dia sudah diturunkan dari leluhur dan tidak bisa ditunda atau dibatalkan hanya karena ada sesuatu yang menghambat.

“Prosesi 7 Syawal ini bukan baru dijalankan baru-baru ini, namun sudah sejak dahulu kala sehingga apa yang kita laksanakan hari ini itu kita pertahankan oleh apa yang telah leluhur turunkan kepada kita," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: