Ternate Zona Merah Covid-19, Ini Penyebabnya Menurut Paslon 4 Yamin Tawari-Abdul Tahir

Umaya Khusniah ยท Kamis, 19 November 2020 - 22:32:00 WIT
Ternate Zona Merah Covid-19, Ini Penyebabnya Menurut Paslon 4 Yamin Tawari-Abdul Tahir
Debat publik Kedua Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate 2020. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, nomor urut empat Yamin Tawari-Abdul Tahir menilai, ada beberapa alasan wilayah ini sangat rentan penyebarab virus Corona. Saat ini, wilayah Ternate masuk zona merah Covid-19.

Yamin Tawari mengakatan, Ternate rentan terhadap persebaran virus Corona dikarenakan wilayah ini merupakan pintu masuk ke Provinsi Maluku Utara (Malut). Pintu masuk tersebut baik melalui bandara maupun pelabuhan. Selain itu, dia juga menilai tingkat kesadaran masyarakat masih rendah terhadap bahaya Covid-19.

Selain itu, lemahnya pengawasan dari pemerintah daerah dalam melakukan sosialisasi dan edukasi serta mengambil langkah-langkah preventif mencegah Covid-19. Selanjutnya, pemerintah daerah juga belum menyosialisasikan makanan dan minuman khas Ternate yang mampu menambah daya tahan tubuh.

"Ternate banyak ikan, kelapa muda, cengkih dan pala yang sesungguhnya bisa diolah. Namun itu harus disosialisasikan kepada masyarakat Kota Ternate," katanya.

Dia menilai, jika faktor keempat ini dijalankan, maka selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat.


Editor : Umaya Khusniah