Ternate Didorong Jadi Titik Nol Jalur Rempah

Antara ยท Selasa, 14 Juni 2022 - 18:29:00 WIT
Ternate Didorong Jadi Titik Nol Jalur Rempah
Ilustrasi, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman akan mendorong informasi dan promosi ke dunia untuk menjadikan Ternate, Provinsi Maluku Utara sebagai titik nol jalur rempah dalam napak tilas jalur rempah di nusantara. (Foto: Antara).

TERNATE, iNews.id - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman akan mendorong informasi dan promosi ke dunia untuk menjadikan Ternate, Provinsi Maluku Utara, sebagai titik nol jalur rempah dalam napak tilas jalur rempah di nusantara. Rempah-rempah dinilai memiliki sebagai keunggulan wilayah Ternate.

Dia menuturkan, rempah-rempah seperti pala, cengkeh merupakan faktor yang membuat bangsa Eropa datang ke Maluku Utara dan hingga terjadi kolonialisme di daerah itu. 

"Kami akan jadikan Ternate sebagai titik nol jalur rempah karena Ternate memiliki rempah seperti pala, cengkeh yang mulanya hanya tumbuh dan ditemukan di Ternate serta terbukti banyak bangsa Eropa yang datang untuk mencari rempah-rempah asal Ternate," ujar Tauhid Soleman di Ternate, Selasa (14/6/2022).

Menurutnya, ini harus menjadi refleksi masa lalu sebagai sejarah Indonesia termasuk Ternate. Selain itu, dia juga menilai Ternate bisa jadi lokasi studi rempah Indonesia, dengan pala cengkeh sebagai ciri khas masyarakat Ternate yang dikenal sebagai kota rempah itu. 

Apalagi, kata dia cengkeh salah satu rempah raja Nusantara yang terbukti telah berkelana jauh hingga ditemukan di belahan dunia lain, ribuan kilometer dari Nusantara. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: