Tata Cara Wudhu dan Doanya, Lengkap dengan Arab, Latin & Arti

Kastolani · Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:40:00 WIT
Tata Cara Wudhu dan Doanya, Lengkap dengan Arab, Latin & Arti
Tata Cara Berwudhu sesuai Sunnah Nabi SAW wajib diketahui Muslim sebelum menjalankan ibadah. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Tata Cara Wudhu dan doanya yang benar penting diketahui dan diamalkan sebelum menjalankan ibadah. Wudhu merupakan syarat utama seseorang dalam beribadah.  

Dalil yang menjelaskan tentang kewajiban wudhu sebelum sholat adalah firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Wahai sekalian orang yang beriman, bila kamu berdiri akan melakukan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan sikut, dan usaplah kepalamu, dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki…” (QS Surat al Maidah [05]: 6).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW besabda bahwa tidak diterima sholat seseorang yang memiliki hadas sebelum dia berwudhu.

لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

Artinya: “Allah tidak akan menerima shalatnya orang yang hadas sehingga orang itu mengambil wudhu.” (HR Bukhari)

Tata cara wudhu dan doanya

Wudhu merupakan cara atau bentuk menyucikan diri yang sudah disyariatkan oleh Islam. Ustaz Muhammad Ajib dalam bukunya Fiqih Wudhu versi Madzhab Syafi'i menjelaskan, wudhu secara bahasa, wudhu berasal dari kata wal wadha'ah.

Kata ini bermana an nadzhafah yaitu kebersihan. Hal ini disebutkan oleh Imam An Nawawi dalam Kitab Al Majmu Syarh al Muhadzdzab. 

Sedangkan secara syara atau istilah, wudhu adalah aktivitas menggunakan air pada anggota badan khusus yang diawali dengan niat untuk menghilangkan hadas kecil.

Sebelum menjalankan ibadah wajib dan sunnah, Muslim perlu mengetahui rukun wudhu. Jika semua rukun wudhu terpenuhi maka wudhunya sudah dianggap sah. Dalam Madzhab Syafi'i disebutkan bahwa rukun wudhu. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: