Tarif Angkot di Kota Ambon Naik 7 September

Antara · Kamis, 26 Agustus 2021 - 17:32:00 WIT
Tarif Angkot di Kota Ambon Naik 7 September
Puluhan supir dari berbagai jurusan di Kota Ambon menuntut kenaikan tarif angkutan, dengan melakukan aksi mogok, Kamis (26/8/2021). Foto: Antara

AMBON, iNews.id - Tarif angkot di Kota Ambon bakal naik pada 7 September 2021. Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyebutkan, kenaikan dilakukan seiring penggunaan BBM jenis pertalite.

"Dalam satu atau dua hari ke depan saya akan menandatangani perubahan tarif angkutan umum," kata Richard, Kamis (26/8/2021).

Sekalipun begitu, Richard memastikan kenaikan tarif angkot tidak tinggi. Kebijakan ini dilakukan mengikuti kebijakan pemerintah pusat yang menghapus premium.

"Pemerintah akan menggantikan jenis premium dengan pertalite, harganya beda tidak terlalu besar kisaran Rp1.600. Karena itu kebijakan kenaikan tarif dilakukan agar angkutan umum dan masyarakat tidak dirugikan," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan kota Ambon Robby Sapulette menyatakan, dasar perhitungan tarif angkot di Ambon dilakukan menyesuaikan komponen bahan bakar. Sebelumnya perhitungan tarif angkot menggunakan premium, ketika tidak diproduksi lagi dan beralih ke pertalite maka perlu penyesuaian tarif.

"Seluruh komponen kita hitung semua sebagai upaya solusi bagi masyarakat dan pengemudi dengan tetap mengikuti kebijakan nasional," kata dia.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: