Sungai Tersumbat Sampah, Ratusan Rumah di Halmahera Tengah Terendam Banjir

Antara ยท Senin, 27 Juli 2020 - 11:52 WIB
Sungai Tersumbat Sampah, Ratusan Rumah di Halmahera Tengah Terendam Banjir
Ratusan rumah di Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) dilanda banjir. (Foto: Antara))

TERNATE, iNews.idBanjir melanda ratusan rumah di Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) Minggu (26/7/2020). Luapan air ini akibat hujan deras yang melanda wilayah setempat sejak Jumat (24/7/2020).

"Banjir merendam rumah warga terdapat di Desa Wairoro Indah, Lembah Asri dan Sumber Sari. Daerah yang terdampak cukup parah yakni Sumber Sari dan Lembah Asri," kata Camat Weda Selatan, Hairun Amir, Minggu (26/7/2020).

Dia mengatakan, banjir ini diakibatnya sungai yang ada di empat desa tersumbat sampah dan sedimen lain. Akibatnya, saat hujan deras, air meluap hingga ke permukiman warga.

"Banjir di Weda Selatan sudah jadi langganan pada musim hujan. Sungai tidak pernah dinormalisasi, sehingga tersumbat dan sudah sangat dangkal," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini sementara kerugian material belum bisa dihitung. Selain merendam rumah warga, masjid dan musala, pesantren serta sarana umum seperti sekolah juga terendam air.

Pesantren Salman Al Farisi masih tergenang. Akibatnya para santri diungsikan di tempat yang lebih aman. Sementara pihak kecamatan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah desa, Bhabinkamtibmas, Banbinsa dan BPBD Halteng untuk mengantisipasi dampak banjir.


Editor : Umaya Khusniah