Rayakan Kemenangan Timnas Belanda, Pemuda di Ambon Konvoi dan Langgar Prokes

Antara · Senin, 14 Juni 2021 - 16:17:00 WIT
   Rayakan Kemenangan Timnas Belanda, Pemuda di Ambon Konvoi dan Langgar Prokes
Fans tim nasional Belanda berkonvoi di Kota Ambon, Maluku, Senin (14/6) dinihari untuk merayakan kemenangan timnya atas Ukraina dalam pertandingan Grup C Euro 2020 dengan skor 3-2. Foto: Antara

AMBON, iNews.id - Pemuda pendukung Timnas Belanda pada pagelaran Euro 2020 di Ambon, Maluku, konvoi merayakan kemenangan Belanda atas Ukraina pada laga perdana, Senin (14/6/2021) dini hari. Banyak dari mereka terlihat melanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan tidak menggunakan masker dan menjaga jarak.

Warga konvoi menggunakan motor sambil membawa bendera Belanda dan memakai baju oranye serupa dengan seragam kebesaran Timnas Belanda. Namun nampak pula pemuda yang hanya telanjang dada.

"Ini bentuk kegembiraan para pendukung, karena tim Belanda kesayangan kami bisa tampil kembali di turnamen akbar, menyusul absen pada Euro di Prancis pada 2016 dan Piala Dunia 2018 di Rusia," kata John salah satu fans tim Belanda.

Fans lainnya, Noortje, menyayangkan kegiatan konvoi dilakukan dengan melanggar prokes. Dia berharap Satgas Covid-19 bisa meningkatkan pengawasannya agar tidak terjadi klaster Euro 2020 di Ambon.

"Beta (saya) juga gembira Belanda menang, sekaligus prihatin karena para pendukung yang pawai dan konvoi, tidak menaati protokol kesehatan. Ini bisa memicu penularan Covid-19, terutama muncul klaster baru," ujar  warga Air Salobar itu.

Editor : Erwin C Sihombing