Polres Ternate Usut Kasus Anggota BIN Gadungan, Tipu Warga Ratusan Juta

Antara ยท Rabu, 01 September 2021 - 18:30:00 WIT
Polres Ternate Usut Kasus Anggota BIN Gadungan, Tipu Warga Ratusan Juta
Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada. Foto: Antara

TERNATE, iNews.id - Satreskrim Polres Ternate, Maluku Utara (Malut) menyelidiki kasus penipuan yang dilakukan NT alias Nafarullah (45). NT menipu warga hingga ratusan juta dengan mengaku sebagai anggota BIN yang memiliki usaha peleburan emas.

Menurut Kasubbag Humas Ipda Wahyuddin, NT sekarang ini sudah berstatus narapidana yang mendekam di Rutan Jambula. Dalam waktu dekat polisi akan berkoordinasi dengan rutan untuk memeriksa yang bersangkutan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Rutan Jambula untuk memanggil Nafarullah dimintai keterangan," kata Wahyuddin, Rabu (1/9/2021).

Wahyuddin mengatakan, NT telah menipu sejumlah warga dengan maksud mendapatkan uang. Dia mengaku sebagai anggota BIN yang bertugas di perusahaan pertambangan Nusa Halmahera Minerals (NHM) dan membutuhkan uang pinjaman untuk menjalankan usaha peleburan emas.

Dengan cara itu NT berhasil mendekati sejumlah warga dengan maksud meminjam uang hingga ratusan juta. Uang tersebut ditransfer ke rekening milik MSA, orang dekat pelaku.

"Pelaku menipu sejumlah warga sebagai anggota BIN dan berhasil menipu RT alias Ita (40) ratusan juta rupiah. Dia mengaku bekerja di perusahaan pertambangan NHM sebagai petugas kopilot serta memiliki usaha peleburan emas," kata Wahyuddin.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: