Perketat Pengawasan Aktivitas Pelayaran Laut, Petugas KSOP Kelas II Ternate Pantau Pelabuhan

Antara ยท Kamis, 24 Desember 2020 - 12:38:00 WIT
Perketat Pengawasan Aktivitas Pelayaran Laut, Petugas KSOP Kelas II Ternate Pantau Pelabuhan
Aktivitas di pelabuhan armada semut Mangga Dua Kota Ternate. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate meninjau dan mengecek ke sejumlah pelabuhan yang ada di kota setempat. Peninjauan ini dilakukan dalam rangka memperketat pengawasan aktivitas pelayaran laut antarkabupaten/kota.

Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona mengatakan, peninjauan ke sejumlah pelabuhan ini guna memantau langsung kondisi pelabuhan, penumpang, speedboat dan motoris. Saat ini masih ada sejumlah speedboat yang lalai. 

“Mereka tidak melengkapi alat-alat keselamatan berupa pelampung. Bahkan pada saat melakukan peninjauan, kedapatan satu speedboat yang justru tidak menyiapkan tali pelampung,” katanya, Rabu (23/12/2020). 

Menurutnya, tali pelampung semestinya disiapkan. Bila tiba-tiba ada penumpang yang terjatuh dari speedboat maka tali pelampung itu bisa dilempar ke penumpang yang terjatuh. Harapnnya, penumpang tersebut bisa memegang tali dan menggunakan pelampung tersebut.

"Tadi ada satu speedboat sengaja saya larang berangkat dan suruh penumpang turun dulu. Motorisnya lalai tidak menyiapkan tali pelampung. Kan, tali pelampung itu penting jika ada penumpang yang jatuh ke laut," kata Affan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2