Pengidap HIV di Maluku Didominasi Pengangguran, Jumlahnya 272 Orang

Antara ยท Kamis, 25 November 2021 - 11:50:00 WIT
Pengidap HIV di Maluku Didominasi Pengangguran, Jumlahnya 272 Orang
Ilustrasi HIV Aids. (Foto: Istimewa).

AMBON, iNews.id - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Maluku mencatat sebagian besar pengidap HIV merupakan orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau pengangguran. Data ini terhitung pada periode Januari hingga Desember 2020.

"Setahun terakhir jumlah pengidap HIV yang terdata di Maluku sebanyak 406 orang, berdasarkan jenis pekerjaan yang dimiliki, lebih dari 50 persen berstatus pengangguran," kata Manajer Program KPA Maluku, Chris Hutubessy di Kota Ambon, Rabu (24/11/2021).

Dia mengatakan, perkembangan kasus HIV di Maluku dalam setahun terakhir menunjukan bahwa dari total 406 pengidap HIV yang terdata, 272 orang di antaranya penangguran. Lalu di urutan kedua karyawan swasta dan wirawasta.

Selain itu mereka yang rentan terpapar antara lain ibu rumah tangga, tukang ojek, petani hingga pelajar. Namun ada juga pengidapnya yakni PNS dan TNI Polri.

Tingginya angka pengangguran yang mengidap HIV menjadi bukti program penjangkauan, sosialiasi dan kampanye tentang cara penularan HIV dan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) harus digencarkan lagi.

Kendati masih dalam situasi pandemi Covid-19, KPA Maluku, tetap berupaya menekan angka penyebaran HIV/AIDS, salah satunya dengan melatih pendidik sebaya, mereka berperan membantu kelompok-kelompok dengan cara menyebarluaskan informasi bermanfaat.

"Dalam setahun terakhir ini program penjangkauan dan sosialisasi cenderung menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena kita juga sedang menghadapi pandemi Covid-19," ujar Chris.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: