Pemkot Ambon Alokasikan Rp3,6 Miliar untuk Penerapan PPKM Mikro di 20 Kelurahan

Antara · Senin, 02 Agustus 2021 - 20:30:00 WIT
Pemkot Ambon Alokasikan Rp3,6 Miliar untuk Penerapan PPKM Mikro di 20 Kelurahan
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah kota Ambon, Apries Gaspersz. Foto: Antara

AMBON, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,6 miliar untuk menerapkan PPKM skala mikro di 20 kelurahan. Anggaran tersebut bersumber dari APBD.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Ambon, Apries Gaspersz mengungkapkan, pada 2021 pemerintah pusat tidak mengalokasikan anggaran untuk kelurahan. Maka Pemkot Ambon mengalokasikan dana dari APBD untuk mendukung pelaksanaan PPKM skala mikro.

"Anggaran penanganan PPKM untuk 20 kelurahan di Kota Ambon sebesar Rp3,6 miliar dari APBD," kata Apries, Senin (2/8/2021).

Besaran anggaran yang bakal diterima kelurahan bervariasi dengan kisaran mencapai Rp200 juta untuk menjalankan PPKM mikro. Anggaran yang diterima nantinya harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan peruntukannya.

Lurah Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Ashari menyatakan, pelaksanaan PPKM sesuai Instruksi Wali Kota Ambon nomor 1 tahun 2021, yang ditindaklanjuti ke setiap desa dan kelurahan. Anggaran PPKM mikro di kelurahan Waihaong diperuntukkan untuk posko penanganan Covid-19 yang telah dimulai sejak awal Juli 2021.

“Di setiap posko juga disiagakan operasi yustisi di tingkat kelurahan, sebagai upayamenekan angka penyebaran virus corona," ujar Ashari.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: