Pemko Ambon Gelar Sosialisasi e-Katalog bagi UMKM

Anindita Trinoviana ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 18:42:00 WIT
Pemko Ambon Gelar Sosialisasi e-Katalog bagi UMKM
Pemko Ambon gelar sosialisasi peggunaan e-Katalog lokal pemerintah.(Foto: Dok Pemkot Ambon)

Dengan kegiatan sosialisasi ini, para pelaku usaha yakni UMKM, pengguna anggaran PA/KPA maupun para PPK, dan peserta lainnya pelaku belanja APBN maupun APBD, diharapkan dapat mengetahui apa untung rugi dan pentingnya penggunaan produk dalam negeri, serta penggunaan e-katalog lokal dalam setiap transaksi barang atau jasa pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Kota Ambon Charly Tomasoa menuturkan, untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa, maka pemerintah melalui LKPP telah menyiapkan sistem e-Katalog.

Dia mengatakan, sistem e-katalog hadir untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peran usaha kecil, mempermudah transaksi jual beli antara pelaku usaha sebagai penyedia jasa dengan pemerintah daerah sebagai penggunanya, serta mengeliminasi berbagai potensi pelanggaran hukum.

“Namun pada kenyataannya, pelaku industri kecil belum sepenuhnya memahami e-Katalog. Hal ini menyebabkan tersingkirnya industri kecil dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ujar Kabag.

Dalam sosialisasi ini, narasumber dari LKPP Pusat Ari Sulindra memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi UMKM tentang manfaat penggunaan e-Katalog lokal, sekaligus mendorong penggunaan produk dalam negeri.

(CM)

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel: