Pemerintah Desa dan Negeri di Ambon Diminta Bantu Mobilisasi Lansia untuk Divaksin Covid-19

Antara · Kamis, 15 April 2021 - 14:51:00 WIT
Pemerintah Desa dan Negeri di Ambon Diminta Bantu Mobilisasi Lansia untuk Divaksin Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id – Pemkot Ambon mendorong pemerintah desa, kelurahan dan negeri untuk memobilisasi lansia dalam program vaksinasi Covid-19. Pemerintah pusat mendorong peningkatan jumlah vaksinasi bagi lansia karena memiliki tingkat risiko tinggi tertular virus corona.
 
"Arahan Pak Wali Kota, setiap desa negeri dan kelurahan diimbau untuk mobilisasi para lansia untuk vaksin di puskesmas atau pos tambahan yang disiapkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Rabu (14/4/2021).

Dia menambahkan, sesuai arahan pemerintah pusat, Pemkot Ambon berupaya agar vaksinasi bagi lansia dapat diselesaikan segera mungkin, terutama sebelum Idul Fitri. Walaupun kebijakan mudik dibatasi, tetapi sangat mungkin terjadi pergerakan orang. 

“Pergerakan orang ini yang membuat kelompok lansia ini sangat rawan terekspose ke anak atau cucu yang berstatus orang tanpa gejala atau OTG," katanya.

Wendy mengakui, alternatif terakhir yang akan dilakukan yakni kunjungan dari rumah ke rumah untuk vaksinasi lansia. Data lansia yang telah divaksin di Ambon mencapai 34,7 persen atau kurang lebih 8.000 orang.

Sebelumnya, Kota Ambon mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebagai salah satu dari 20 kabupaten/kota di Indonesia yang mencapai tingkat vaksinasi lansia di atas 25 persen di awal April 2021. Apresiasi ini, katanya, menjadi motivasi jajaran Pemkot Ambon yang selama ini menyosialisasikan dan melaksanakan vaksinasi massal.

Editor : Umaya Khusniah