Objek Wisata dan Tempat Hiburan di Ternate Segera Diizinkan Beroperasi Lagi

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 19:27 WIB
Objek Wisata dan Tempat Hiburan di Ternate Segera Diizinkan Beroperasi Lagi
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut menggandeng TNI-Polri menyemprotkan disinfektan di Bioskop XXI Jatiland Mall Ternate. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Tempat hiburan dan objek wisata di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), bakal beroperasi kembali dalam waktu dekat. Namun, pengoperasian masih menunggu peraturan wali kota (perwali) yang mengatur secara teknis agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Parawisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, sesuai ketentuan dari pemerintah pusat, tempat hiburan seperti bioskop secara nasional akan dibuka pada Juli 2020 mendatang. Sementara untuk pembukaan kembali diskotik, pihaknya masih menunggu perwali yang mengatur secara teknis untuk diaktifkan kembali.

"Tapi, saya sangat ragu dengan pembatasan sosial yang akan diberlakukan di tempat hiburan malam tersebut," kata Rizal Marsaoly di Ternate, Senin (29/6/2020).

Rizal mengatakan, setelah berdiskusi dengan ketua Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 Kota Ternate, targetnya minggu depan diskotik akan dibuka. Namun, pengoperasian tempat hiburan malam itu harus dengan proteksi dan pengawasan ketat agar tidak menyebabkan penyebaran virus corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga akan memperketat penjualan tiket bioskop. Nantinya, tiket yang bisa dijual hanya 40 persen dari total kursi sedangkan 60 persen lagi dipangkas agar pembatasan atau physical distancing dalam ruangan bisa terjaga.

Dia menegaskan, jika ada yang melanggar aturan yang sudah dicantumkan dalam perwali, pemilik ataupun pengelola akan diberikan sanksi pencabutan izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

"Tentunya saya akan mengambil langkah tegas, khususnya tempat hiburan yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat dibukanya aktivitas tempat hiburan," ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut sebelumnya menggandeng TNI-Polri intensif menyemprotkan disinfektan di Bioskop XXI Jatiland Mall Ternate. Penyemprotan tersebut untuk menyambut tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan menyatakan, pihaknya menerjunkan personel personel TNI-Polri untuk penyemprotan disinfektan. Mereka berharap kegiatan itu bisa mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Studio XXI yang merupakan tempat berkumpul banyak orang.

Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kesiapan TNI-Polri yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam menghadapi normal baru mendatang. "Tim yang turun terdiri dari unsur TNI-Polri yang ada di Malut. Itu bukti bahwa TNI-Polri Malut sangat solid," ujarnya.


Editor : Maria Christina