Lawan Rusia, Amerika Kirim Ribuan Rudal Anti-Tank ke Ukraina

Anton Suhartono ยท Rabu, 04 Mei 2022 - 23:32:00 WIT
Lawan Rusia, Amerika Kirim Ribuan Rudal Anti-Tank ke Ukraina
Amerika Serikat mengirimkan ribuan rudal Javelin ke Ukraina untuk melawan pasukan rusia. (Foto: Reuters)

TROY, iNews.idAmerika Serikat (AS) mengirimkan ribuan rudal anti-tank bernama Javelin ke Ukraina untuk melawan pasukan Rusia. Total sudah 5.500 rudal Javelin yang dikirim AS sejak dimulainya perang pada 24 Februari 2022 lalu.

“Senjata-senjata ini mendapat sentuhan tangan, tangan Anda, berada di tangan para pahlawan Ukraina, menghasilkan perbedaan yang signifikan,” kata Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikutip dari AFP, Rabu (4/5/2022).

Biden sebelumnya mengunjungi fasilitas Lockheed Martin di Troy, Alabama, tempat memproduksi rudal anti-tank Javelin, Selasa (3/5/2022). Dia mengatakan kepada para pekerja bahwa mereka menjadi bagian dari pertempuran bersejarah untuk menegakkan demokrasi.

Tentu saja, rudal-rudal yang dibuat para pekerja Lockheed Martin itu akan dikirim ke Ukraina untuk digunakan melawan pasukan Rusia.

Lebih lanjut Biden mengatakan kepada para pekerja bahwa mereka harus bangga ikut berperan dalam mempersenjatai Ukraina. Menurut dia, berkat bantuan persenjataan dari Barat, pasukan Ukraina bisa membodohi militer Rusia dalam banyak hal.

"Pertempuran ini tidak murah, tapi menyerah terhadap serangan akan lebih mahal," kata Biden.

AS telah mengirim 5.500 rudal Javelin ke Ukraina sejak dimulainya perang pada 24 Februari. Pada kesempatan itu Biden juga bercerita kepada sekitar 300 pekerja Lockheed Martin tentang seorang ibu Ukraina yang memberi nama bayinya Javelin sebagai bentuk penghormatan.

Dia juga menyamakan para pekerja itu dengan pendahulu mereka yang memproduksi senjata saat Perang Dunia II untuk melawan tentara Jepang dan Nazi.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: