Kunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, Jokowi Dianugerahi Gelar Dada Madopo Malomo

Raka Dwi Novianto ยท Rabu, 28 September 2022 - 12:14:00 WIT
Kunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, Jokowi Dianugerahi Gelar Dada Madopo Malomo
Presiden Jokowi bersama Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah saat mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, Rabu (28/9/2022). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi gelar adat Dada Madopo Malomo saat mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, Kota Ternate, Rabu (28/9/2022). Gelar itu berarti seorang pemimpin besar yang arif dan bijaksana.

Setibanya di Kedaton Kesultanan Ternate, Jokowi yang mengenakan pakaian kebesaran Roke berwarna hitam disambut langsung oleh Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah. Setelah itu, Presiden dipasangkan mahkota adat Lastar Ngare dan dianugerahi gelar Dada Madopo Malomo oleh Sultan Ternate yang memiliki arti pemimpin besar.

“Arti dari gelarnya itu sendiri adalah seorang pemimpin besar atau pemimpin sebuah negara besar yang mana dalam memimpin negara besar itu, kearifan dan bijaksananya seorang pemimpin itu lebih dikedepankan,” jelas Sultan Ternate.

Sultan Ternate menjelaskan sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate dengan gelar Kaitjil.

“Beliau Yang Mulia Presiden Republik Indonesia juga dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate dengan gelar Kaitjil. Kaitjil itu pangeran atau garis kesatu dari Sultan Ternate,” ucapnya.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: