Kerja Sama Sister City dengan Havana, Ambon Siap Mendunia

Antara · Selasa, 22 Juni 2021 - 19:30:00 WIT
Kerja Sama Sister City dengan Havana, Ambon Siap Mendunia
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan penjajakan kerja sama sister city Havana-Ambon akan membuat Ambon mendunia. Foto: Antara

AMBON, iNews.id - Penjajakan kerja sama Havana-Ambon sebagai kota kembar (sister city) akan membuat Ambon mendunia. Kedua kota sepakat mengadakan penjajakan karena sama-sama ditetapkan UNESCO sebagai kota musik dan kreatif pada 2019 yang lalu.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan kedua kota memiliki kedekatan historis mengingat eratnya hubungan Presiden Sukarno dengan revolusioner Kuba, Fidel Castro. Terlebih lagi hubungan diplomatik antara Indonesia-Kuba yang terjadi pada 22 Januari 1960 ditandai dengan kunjungan Sukarno ke Havana.

"Pendekatan kerja sama ini secara tidak langsung membuat Kota Ambon akan semakin dikenal bukan hanya di tingkat nasional tetapi di dunia internasional," kata Richard, Selasa (22/6/2021).

Selain kedekatan historis, dari segi budaya dan karakter masyarakat Havana hampir mirip dengan Ambon. Masyarakat kedua kota menjadikan musik sebagai nafas dan kekuatan.

"Atas dasar pertimbangan ini lalu Duta Besar Indonesia untuk Kuba, akan membangun hubungan kerja sama dalam bentuk sister city antara Ambon dan Havana," ujar Richard.

Editor : Erwin C Sihombing