Jembatan Penghubung Hoat Sorbay-Kei Kecil Ditutup, Warga Tercekik Ongkos Transportasi

Dheddy Rumangun · Selasa, 22 Juni 2021 - 13:14:00 WIT
Jembatan Penghubung Hoat Sorbay-Kei Kecil Ditutup, Warga Tercekik Ongkos Transportasi
Jembatan penghubung beberapa desa di Kecamatan Hoat Sorbay dengan Kei Kecil Barat, Maluku Tenggara (Malra) masih ditutup karena rapuh. Warga mengeluhkan tingginya ongkos transportasi ekses dari penutupan jembatan. Foto: iNews.id/Dheddy Rumangun

TUAL, iNews.id - Sudah sekian tahun jembatan yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Hoat Sorbay dengan Kei Kecil Barat, Maluku Tenggara (Malra) masih ditutup. Selama ini warga yang mau beraktivitas harus mengeluarkan uang mencapai Rp100 ribu untuk transportasi menyeberang pulau.

Salah seorang warga, Semol Sedubun, mengaku harus menyiapkan uang maksimal Rp100 ribu dalam sehari untuk menyeberang. Semol selaku ASN harus enam kali menyeberang pulau dan biaya perlintasan menggunakan boat sekali jalan Rp20 ribu.

"Satu kali perjalanan itu Rp20 ribu, bagi kami ini sangat berat," kata Semol, Selasa (22/6/2021).

Jembatan penghubung ditutup karena kondisinya sudah tidak layak untuk dilintasi warga. Namun pengerjaannya hingga kini tidak dilanjutkan.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Maluku memperhatikan kondisi tersebut. Sebab, aktivitas sekolah, bekerja atau untuk keperluan lain membutuhkan biaya transportasi yang tinggi.

"Kami membutuhkan fasilitas infrastruktur jembatan yang sudah beberapa tahun terbengkalai," kata Semol.

Editor : Erwin C Sihombing