Kekayaan Alam Pulau Kecil di Maluku yang Buat Kerajaan Majapahit Bernafsu

Avirista Midaada ยท Rabu, 13 Juli 2022 - 08:13:00 WIT
 Kekayaan Alam Pulau Kecil di Maluku yang Buat Kerajaan Majapahit Bernafsu
Ilustrasi Kerajaan Majapahit. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Mahapatih Majapahit Gajah Mada tampaknya cukup menghitung betul Sumpah Palapa yang diucapkan. Pasalnya dari beberapa wilayah yang diucapkan Gajah Mada ada kata Gurun. Namun konon para sejarawan lebih melihat nama Gurun ini sebagai Goran atau Gorom, satu kepulauan di timur Pulau Seram, Maluku

Wilayahnya hanya seluas 91.30 kilometer persegi saja dengan dibagi tiga desa, yakni desa Miran (Miren) di pantai timur, Ondor (Ondur) di barat laut dan Hur di pantai barat daya. Kini Pulau Gurun atau Gorom ini masuk wilayah Kabupaten Seram Timur.

Lantas apa yang spesial dari pulau itu sampai Gajah Mada bersumpah menaklukkan pulau yang ada jauh di timur Majapahit? Jawabannya tentu satu karena kekayaan sumber daya alamnya. Tampaknya Gajah Mada sadar betul akan potensi Pulau Gorom di Maluku ini yang terkenal dengan penghasil rempah-rempah. 

Dikisahkan pada buku "Hitam Putih Mahapatih Gajah Mada" dari Sri Wintala Achmad, Gorom berlokasi di sebelah timur Maluku, yang merupakan gugusan pulau - pulau yang menyebar mulai dari ujung timur Pulau Seram hingga Maluku Tenggara, Kei. 

Tanahnya subur dengan iklim tropis yang basah berdampak pada kesejahteraan penduduknya. Wilayah ini terkenal dengan persinggahan dan lalu lintas perdagangan dari pulau - pulau lain. Sebagai daerah dengan penghasil cengkeh, pala, kopra, serta hasil laut, Goron tentu dilirik Gajah Mada.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: