Kasus Korupsi Bandara Banda Neira, 2 Terdakwa Dituntut 5 Tahun Penjara

Antara ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 10:56:00 WIT
Kasus Korupsi Bandara Banda Neira, 2 Terdakwa Dituntut 5 Tahun Penjara
Dua terdakwa korupsi proyek Bandara Banda Neira divonis lima tahun penjara. (Foto: Ist)

AMBON, iNews.id - Dua terdakwa korupsi anggaran pembangunan Bandara Banda Neira di Maluku Tengah, Petrus Marina dan Welmon Rikumahua, dituntut masing-masing lima tahun penjara. Keduanya diyakini bersalah dalam dugaan korupsi anggaran proyek pekerjaan pemenuhan Standar Runway Strip atau landas pacu pada Bandara Banda Neira.

Proyek tersebut berlangsung dengan anggaran negara tahun 2014, sehingga merugikan negara lebih dari Rp1 miliar.

Sesuai hasil pemeriksaan ahli di lapangan, ditemukan adanya selisih volume pekerjaan dari nilai kontrak dengan nilai/prestasi pekerjaan sebesar Rp1,123 miliar.

"Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan kedua terdakwa bersalah melanggar pasal 2 juncto Pasal 18 UU nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang korupsi, juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," kata JPU M. Salahudin di Pengadilan Tipikor Ambon, Rabu (5/10/2022).

Terdakwa Petrus Marina yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen dan Wilmon selaku subkontraktor, juga dituntut membayar denda sebesar Rp200 juta subsider enam bulan kurungan.

Yang memberatkan kedua terdakwa, lanjutnya, kedua terdakwa melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama mengakibatkan kerugian keuangan negara.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: