Balai Arkeologi Maluku Temukan 488 Motif Gambar Cadas Prasejarah di Pulau Kaimear

Antara ยท Senin, 21 Juni 2021 - 23:51:00 WIT
Balai Arkeologi Maluku Temukan 488 Motif Gambar Cadas Prasejarah di Pulau Kaimear
Gambar cadas motif cap tangan di dinding ceruk Kuil Aulapa, Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya. (Foto: Dok Antara)

AMBON, iNews.id - Sebanyak 488 motif gambar cadas prasejarah ditemukan di Situs Kel Lein, Pulau Kaimear, Kecamatan Pulau-Pulau Kur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Dari jumlah itu,  Balai Arkeologi Maluku hanya bisa mengindetifikasi 375 atau sekitar 76 persen motif gambar.

"Kami menemukan setidaknya 488 motif gambar cadas prasejarah di Situs Kel Lein. Tapi, tidak semua bisa teridentifikasi oleh tim saat survei di Situs Kel Lein pada 2019," kata Arkeolog dari Balai Arkeologi Maluku Lucas Wattimena di Ambon, Senin (21/6/2021).

Situs Kel Lein merupakan sebuah ceruk dengan panjang kurang lebih 100 meter yang membentang di arah utara-selatan di Pulau Kaimear.

"Situs berada sebuah bukit tunggal. Masyarakat setempat menyebutnya Kel Lein Napatar yang berarti tebing batu besar," katanya.

Lucas Wattimena mengatakan, ke-375 atau sekitar 76 persen motif gambar yang berhasil diidentifikasi dikelompokkan dalam dua tipe, yakni tipe figuratif dan non-figuratif.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2