Jelang Idul Fitri, DKP Maluku Bagi-Bagi Ikan Cakalang Gratis untuk Masyarakat

Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 22:23 WIB
Jelang Idul Fitri, DKP Maluku Bagi-Bagi Ikan Cakalang Gratis untuk Masyarakat
Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris didampingi Lurah Nusaniwe, Syane Kaya, menunjukkan ikan cakalang yang dibagikan kepada warga gratis. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku membagikan 2,5 ton ikan cakalang gratis kepada masyarakat terdampak Covid-19 Kota Ambon. Pembagian dilakukan di tiga lokasi yakni Pohon Mangga dan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe serta Dusun Taeno, Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon.

Di kawasan Pohon Mangga sedikitnya dibagikan 500 ikan cakalang (sekitar 650 kilogram) serta 350 masker. Di Taeno sebanyak 400 cakalang atau (sekitar 500 kilogram) dengan 300 masker. Terakhir di Waihaong sekitar 600-800 kilogram dengan 350 masker.

Kepala DKP Maluku, Abdul Haris mengatakan, pembagian ikan gratis ini juga dibagikan dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ini program rutin yang dilakukan setiap tahun terutama menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti Natal dan Idul Fitri dalam bentuk pasar murah ikan.

"Namun karena tahun ini berkaitan dengan pembatasan sosial karena Covid-19,  pasar murah diganti dengan pembagian ikan secara gratis," katanya, Jumat (22/5/2020).

Haris yang didampingi Kabid Perikanan Budidaya Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan, DKP Maluku, Roy Iwamony mengatakan, ikan yang dibagikan secara gratis kepada warga di Kota Ambon tersebut, merupakan jenis cakalang dan anak tuna. Ikan tersebut dibeli dari nelayan dan pembudidaya ikan di Kota Ambon maupun beberapa kabupaten lain di Maluku.

"Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat yang terdampak dalam mempersiapkan diri menyambut perayaan Idul Fitri dengan penuh sukacita serta ketersediaan makanan khususnya ikan yang cukup," katanya.

Mengonsumsi ikan, ujarnya, juga berdampak meningkatkan imunitas tubuh warga dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu juga termasuk mencegah dan mengatasi "stunting" atau kekerdilan pada anak dan balita di Maluku.

"Program bagi-bagi ikan gratis ini juga bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Maluku yang dipimpin istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail yang gencar mengampanyekan upaya pemberantasan stunting di Maluku," tandasnya.

Rencananya, program ini akan terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang guna meningkatkan minat makan ikan masyarakat di Maluku.


Editor : Umaya Khusniah