HUT ke-21 Maluku Utara, Pemprov Gelar Upacara dengan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat

Ismail Sangaji · Senin, 12 Oktober 2020 - 22:17 WIT
HUT ke-21 Maluku Utara, Pemprov Gelar Upacara dengan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat
HUT ke-21 Malut digelar dengan upacara yang menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Istimewa)

SOFIFI, iNews.idUpacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) digelar di halaman kantor gubernur di Sofifi, Senin (12/10/2020). HUT 2020 ini, Pemprov Malut mengangkat tema Maluku Utara Sejahtera Menuju Tatanan Kehidupan Baru.

Upacara kali ini, seluruh peserta upacara memakai pakaian adat dan juga memakai masker. Pelaksanaan upacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam upacara yang berlangsung kurang lebih 1 jam tersebut, bertindak selaku Inpsektur Upacara (Irup) yakni Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba. Sementara yang bertindak sebagai pembaca naskah perjuangan pembentukan Provinsi Malut yakni Ketua DPRD, Kuntu Daud. Pemimpin upacara yaknin Muliyadi Wowor.

Beberapa tokoh tampak hadir dalam upacara perayaan HUT Pemprov itu Kapolda, Kajati, Danrem 152/Babullah, Kabinda, Wali Kota Ternate, Sekprov serta sejumlah unsur Forkopimda lain. Selain itu, hadir juga ketua TP PKK Malut, ibu-ibu Forkopimda, seluruh Pj Bupati dan Wali Kota, mantan Wagub M Natsir Thaib, pimpinan OPD, ASN, para pelaku pejuang provinsi, masyarakat dan stakeholders lain.

Dalam upacara ini, disampaikan pula daftar penerima piagam penghargaan penetapan warisan budaya Tak Benda Indonesia-Maluku Utara 2020. Piagam diberikan kepada Bupati Halsel, Halteng, Kepsul, Wali Kota Tikep dan Ternate. Untuk nama-nama tim ahli Warisan Budaya Tak Benda 2020 yakni Dr Syahril Muhammad, Dr Rustam Hasyim, Ade Ismail, Ahmad S Kamis dan Lusi Susanti Bahar.

Sementara nama-nama tim ahli Cagar Budaya yakni Dr Nurachman Iriyanto, Karo Hukum, Dr Maulana Ibrahim, Dr Syafrudin Amin, Jainul Yusuf, Dr Taslim D Nur dan Dr Eva Martinu. Selain itu, terdapat 14 Karya yang ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia-Malut tahun 2020 di antaranya dari Halmahera Selatan yang meliputi Popas Lipu, Arungi Nusa, Batijakakang Lecak, Dendang Cobo Lala, Imbung-imbung Batu Bacan dan Tari Togal.

Dari Halteng ada Coka Iba dan Tari Lala. Dari Kepsul yakni Cokelat Sula Mina, Tari Denge-Denge, Amal Lai Hai Fai. Dari Tikep Paca Goya dan Kabata Tidore serta dari Ternate yakni Kololi Kie Mote Ngolo.

Ada juga penghargaan bintang Inovasi 2020 kepada OPD yang aktif menginput data melalui Balitbangda adalah Dinas Dukcapil, BKD, Sekwan dan Dinas PTSP. Penghargaan kepada OPD yang menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yakni BKD, Keuangan dan PTSP.

Ada juga penandatanganan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Gerakan Orientasi Ekspor Untuk Rakyat Sejahtera (Gosora).

(Hms)


Editor : Umaya Khusniah