Harga Daging Ayam, Sapi dan Ikan Cakalang di Ternate Naik Jelang Idul Adha

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 14:40 WIB
Harga Daging Ayam, Sapi dan Ikan Cakalang di Ternate Naik Jelang Idul Adha
Daging ayam di pasar. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Harga daging ayam potong di Pasar Bahari Berkesan Ternate, Maluku Utara (Malut) melonjak menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Kenaikan harga dipicu tingginya permintaan masyarakat.

Salah seorang pedagang ayam potong, Asrul Taufik menyatakan, harga ayam potong menjadi Rp40.000 per potong. Sebelumnya, harga normal daging ayam Rp35.000 per potong.

“Kenaikan harga ayam potong ini relatif biasanya terjadi di H-3 Idul Adha. Ini karena tingginya permintaan masyarakat,” katanya, Selasa (28/7/2020).

Selain ayam, harga ikan cakalang juga naik menjadi dari Rp50.000 per ekor. Sebelumnya, harga normal ikan ini mencapai Rp40.000 per ekor.

"Secara umum rata-rata untuk ketersedian pangan cukup, tetapi kalau harga ikan dan ayam secara nasional, bukan hanya di Kota Ternate," ujar Asrul.

Untuk harga daging sapi juga mengalami kenaikan. Sebelumnya dari Rp110.000 menjadi Rp120.000 hingga Rp125.000 per kilogram.

Sementara itu, Kepala Seksi Layanan Kesehatan Primer Dinkes Kota Ternate, dr Muhammad Assagaff mengimbau masyarakat agar berhati - hati membeli daging ayam maupun sapi. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan pedagang memanfaatkan formalin.

"Memang belum menemukan adanya daging yang membahayakan kesehatan untuk dikonsumsi masyarakat," ujarnya..

Di masa pandemi Covid-19, Tim Dinkes Ternate tetap melakukan pengawasan untuk mengecek kebutuhan maupun harga pangan di Pasar Sentra Gamalama.

"Syukurlah tidak ada manipulasi harga. Stok yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat tersedia, terutama umat Islam yang merayakan Idul Adha 1441 H," kata Muhammad.


Editor : Umaya Khusniah